Jokowi Singgung Bisnis Kaesang, Sebut Kuliahnya Bayar dari Jualan Pisang

TRIBUN-VIDEO.COM – Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat menyinggung bisnis yang tengah digeluti putra bungsunya, Kaesang Pangarep saat berdialog dengan ibu-ibu di Pondok Pesantren Mamba’ul Maarif, Jombang, Jawa Timur, Kamis (18/12/2018).

Dalam dialog itu, Jokowi tengah membahas mengenai Bank Wakaf Mikro yang telah bergulir selama kurang lebih 1 tahun ini.

“Anak saya, jualan pisang goreng sudah di 54 kota, pisang goreng, ya pisang goreng. Pokoknya sewa kecil-kecil,” ujar Jokowi.

Dari bisnis yang dijalani Kaesang pangarep, Jokowi mengungkapkan Kaesang Pangarep sudah mandiri, hingga bisa membayar kuliahnya sendiri.

“Nyatanya kuliahnya sudah enggak saya bayari lagi. Sudah bisa bayari dari jualan pisang goreng. Ya alhamdulillah saya syukuri,” kata Jokowi.

Dari pengalaman Kaesang Pangarep itu, Jokowi meyakini masyarakat mampu menggerakkan ekonomi di daerah masing-masing dengan memanfaatkan dana dari Bank Wakaf Mikro.

Saat ini, lanjut Jokowi, Bank Wakaf Mikro telah beroperasi di 41 pondok pesantren dalam rangka mengembangkan ekonomi umat. Jokowi pun mengaku sudah melihat banyak yang memanfaatkan dana dari Bank Wakaf Mikro.

“Saya sudah muter yang berkaitan dengan nasabah, ada yang jual gorengan, bakso, nasi uduk, es tebu, peyek, jamu, ya pokoknya jualnya banyak. Kemudian saya tanya sudah dapat pinjaman berapa? Saya dapat dua juta, saya baru dapat tiga juta, bagus,” kata Jokowi.

(Tribunnews.com / Imanuel Nicolas Manafe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *